Makalah Pemasaran BMT

 


Nama Aris Prasetiyanto
Nim 213-24-243
Kelas D
 
PENGARUH LINGKUNGAN PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN PRODUK PT BMT TARUNA SEJAHTERA MELALUI STRATEGI PEMASARAN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG

Seiring perkembangan jaman yang semakin maju dan pertumbuhan ekonomi yang semakin pesat banyak persaingan persaingan pasar yang terjadi dalam dunia bisnis ekonomi pada saat ini . hai ini  menjadikan sebuah tuntutan yang lebih besar lagi dalam memasarkan  sebuah produk maupun jasa kepada masyarakat. Pemasaran atau marketing merupakan sebuah ujung tombak dari sebuah badan usaha atau perusahaan dalam memasarkan produk atau jasanya kepada masyarakat(Robert J.Eaton,) hal ini peran seorang  marketing menjadi tidak mudah lagi dalam menjalankan  pekerjaanya .
Untuk itu seorang marketing  harus pandai pandai membaca kondisi lapangan yang sedang terjadi . oleh karena itu bekel pengalaman ,keterampian dan pendidikan sangat penting untuk sebuah pemasaran produk dan jasa perusahaan . Melihat kondisi perekonomian  di lapangan saat ini akan sulit sebuah badan usaha bisa eksis bertahan lama tanpa sebuah strategi pemesaran yang baik yang di berikan kepada karyawan karyawanya khususnya marketing. Pelatihan dan diklat kerja juga harus sering di lakukan untuk menambah wawasan dan mengasah keterampilan seorang marketing agar kinerjanya menjadi lebih maju dan berbobot.
Setrategi pemasaran yang baik dan berkualitas menjadi faktor penting dalam permasalahan permasalahan seorang marketing yang akan berdampak pula dengan pertumbuhan perusahaan.Dalam sebuah pemasaran produk tidak jauh berbeda akan kesuksesanya perusahaan juga sangat tergantung pada kualitas kariyawan atau SDM yang di miliki .Apabila dalam jasa ,terjadi kontrak antara SDM dengan pelangganya secara langsung. Perusahaan juga mengantisipasi segala kemungkinan terjadi permasalahan dalam pengolahan ketrampilan dan seleksi awal hingga proses manajemem pemasaran yang lebih komplek (Ririn Tri Ratnasari.Mastuti H Aksa)
Tingkat perhatian dan penekenan pada peran seorang marketing adalah sangat  penting apabila pada era globalisasi saat ini dimana tidakakan ada batas mobilitas sumber daya manusia peran penting ini dalam perusahaan di bedakan untuk pengelolaanya lebih lanjut (Payne1983). Pertumbuhan di indonesia di perkirakan masih akkan tumbuh baik . beberapa ekonom memperkirakan ekonomidi indonesia bisa tumbuh antara 6% - 6,3% sedikit lebih rendah dibandingkan dengan tahun  2011 yang mencapai 6.6% sebagai dampak perlambatan ekonomi global .namaum pertumbuhan ekonomi sebesar ini masih sangat baik antara negara negara lain di dunia yang jumlah penduduknya lebih rendahdi bandingkan dengan indonesiakarena pertumbuhan ekonomi suatu negara di dukung oleh jumlah negara tersebut ( Hendri 2012)
Dunia perbangkan merupakan suatu intitusi yang sangat berperan penting untuk  mengangkat sebuah perekonomian suatu negara (Khususnya di bidang pembiayaan ) bisnis micro maupun macro .hal ini di dasarkan dari fungsi utama dari sebuah bank yaitu sebagai perantara untuk menjembatani seseoarang tang kelebihan dana dengan orang yang kekurangan dana . Selain itu bank juga berperan sebagai agan perubahan ( agent of development) yang dapat mendorong kemajuan pembangunan suatu negara melalui fasilitas Pembiayaan sehingga memudahkan masyarakat penguna Bank dalam melakukan pembayaranya.
Dinamika kompetisi perbankan saat iniyang semakin kuat mengakibatkan suatu keuntungan kompetetif yang di miliki oleh bank menjadi semakin tidak berkelanjutan. Dengan demikian sebuah lembaga perbankan harus selalu melakukan pembaharuan dalam melakukan kompetisi di lapangan seperti cara promosinya dan cara kinerjanya harus selalu up to dete dengan kondisi lapangan yang ada .Sehingga dapat menjadi referensi utama pelanggan yang berujung dengan kepuasan pelayanan yang berujung terhadap loyalitas terhadap jasa yang di pakai. Seiring dengan berkembangnya suatu bisnis yang membuat pesaing pesaing ketat banyak perusahaan perusahaan berlomba lomba meningkatkan Fasilitas,pelayanan ,sarana prasarana dan manfaat lain yang berguna untuk memenuhi kebutuhan dan keingginan pelanggan.haiyang demikian ini juga terjadi di perbankan syariah  . Perbankan syariah atau perbankan islam  adalah suatu sistim perbankan yang di kembangkan berdasarkan syariah hukum islam .usaha yang menjadi dasar pembentukan perbankan syariah ini adalah larangan dalam agama  islam untuk meminjam dengan bunga atau riba serta melarang investasi yang di gunakan untuk usaha usaha yang sifatnya haram yang demikian ini tidak di jamin oleh bank bank  kionvensiona . Bank syariah menerapkan bagi hasil baik tabungan maupun pembiayaan (saefudin,2011)
Perekonomian nasional sangat berpegaruh terhadap kesetabilan politik baik di dalam maupun di luar negeri apalagi sekrang ini konflik di timur tengah sedikit demi sedikit secara tidak langsung juga akan berakibat dengan perekonomian di indonesia . Bank syariah menjadi solusi  bagi warga untuk untuk mengembangkan bisnis usahanya di pasar global sekarang ini . Adanya sistim syariah dengan karakteristik beroperasi dengan prinsip bagi hasil memberikan alternatif baru bagi sistim perbankan yang persainganya semakin kuat di samping itu pengembangan perbankan syariah merupakan refleksi kebutuhan atas sistim perbankan nasional yang memberikan kontribusi setabilitas ekonomi nasional (muchamad dan racman 2010). Sebagai perbankan yang tidak menganut sistim bunga mengakibatkan perbankan syariah tidak menunjukan pergerakan yang negatif. Bank syariah tidak memiliki kewajiban membayar bunga tabungan terhadap nasabah. Bank syariah hanya membayar bagi hasil kepada nasabahnya sesuai dengan keuntungan yang di  peroleh dari hasil investasi yang dilakukan. Bank konvensional yang membuka cabang syariah atau melakukan konveksi total ke sistim syariah beberapa tahun belakangna ini trus menigkat .
Ririn T.R dan Mastuti 2011 mengemukakan bahwa promosi lewat iklan merupakan sebuah strategi pemasarn yang efektif dan cukup signifikan karena promosi merupakan salah satu alat komunikasi yang yang cukup baik antara perusahaan dengan pelanggan untuk memperkenalkan produk yang di tawarkan agar cepat di ketahui oleh masyarakat luas.
 Lopiyoadi 2009 Promosi tidak selamanya strategi pemasaran  yang efektif di karenakan promosi lewat iklan tidak dapat memberikan penjelasan secara detail akan kelebihan dan  kekurangan produk yang di tawarkan . Promosi yang efektif yaitu dengan cara berkunjung dan bertemu langsung ke masyarakat sehingga kita bisa menjelaskan secara langsung kelebihan produk yang di tawarkan.




Temuan Research Gap
Gap
Penulis
Temuan
Research Gap :
Terdapat perbedaan hasil penelitian pengaruh lingkungan terhadap penjualan
Pengaruh lingkungan terhadap penjualan
Ririn T.R dan Mastuti
Lingkungan berpengaruh  signifikan terhadap penjualan produk
Lopiyoadi 2009
Lingkungan berpengaruh tidak signifikan terhadap penjualan produk
Rahman 2000
Lingkungan berpengaruh signifikan terhadap penjualan produk
           
I.2 Perumusan masalah
Dari latar belakang dan masalah yang ada di atas secara garis besar maka dapat di   rumuskan permasalahanpermasalahan sebagai berikut.
1.      faktor apa sajakah yang menjadi pengaruh pemasaran produk PT BMT Taruna Sejahtera
2.      Apa sajakah yang menjadi kekuatan ,kelemahan, peluang dan ancaman dari PT BMT Taruna Sejahtera
3.      Strategi pemasaran yang bagaimanakah yang dapa mendongkrak pemasaran produk BMT Taruna Sejahtera.

I.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan perumusan masalah yang telah di rumuskan di atas maka dapat diketahui tujuan penelitian ini sebagai berikut:
1.      Mengindentifikasi faktor-faktor internal dan exsternal yang mempengaruhi produk tabungan bank syariah .
2.      Mencari tahu pengetahuan  pemahaman masyarakat tentang produk bank syariah.
3.      Menganalisa kekuatan ,kelemahan dan ancaman pada pemasaran produk tabungan bank syariah
4.      Mencari alternatif  pemasaran yang dapat di terapkan di bank syariah.
5.      Mencari potensi potensi pasar yang dapat di jalankan guna meningkatkan pemasaran produk.
1.4 Kegunaan Penelitian
       Hasil penelitian ini di harapkan dapat di gunakan sebagai:
1.      Bahan pertimbanga dalam mengambil  sebuah keputusan mengenai strategi pemasaran
2.      Bahan informasi dan acuan bagi peneliti dan pihak pihak uang berkepentingan
3.      Referensi baru bagi para pembaca
4.      Menambah wawasan tentang duni bisnis khususnua marketing.
5.      Masukan alternatif baru bagi strategi pemasaran yang baru.

1.5 Sistimatika Penulisan
Penulis membagi  penulisan skripsi ini menjadi ke dalam 5 (lima) bab yand terdiri atas beberapa sub bab secara sistematis adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN,
Bab ini terdiri  atas latar belakang penulis mengangkat tema yang akan dibahas dalam skripsi, perumusan masalah ,tujuan penelitian kegunaan penelitian ,sistemetika penulisan .
BAB II KAJIAN PUSTAKA
              Bab ini terdiri atas telah pustaka,kerangka teori,kerangka penelitian dan  hipotesis.



BAB III METODELOGI PENELITIAN
Bab ini terdiri atas
1.       jenis penelitian
2.      Lokasi dan waktu penelitian
3.      Populasi dan sampel
4.      Tegnik pengumpulan data
5.      Skala pengukuran
6.      Definisi konsep dan operasional
7.      Instrumen penelitian
8.      Uji instrumen penelitian
9.      Alat analisis.

BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.I TELAH PUSTAKA
Setelah penulis membuka daftar skripsi tahun sebelumnya maka dapat di simpulkan bahwa ada skripsi terdahulu yang membahas tentang strategi  pemasaran diantaranya sebagai berikut:
1.      Siti arfah 2006. UIN Syarif Hidayatuallah jakarta fakultas Syariah dan hukum .Dengan judul “Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan dan Pengaruh Terhadap Pendistribusian Dana BMT EL Syifa Ciganjur Jagakarsa”.skripsi ini membahas tentang strategi pemasaran produk pembiayaan murobahah dan pengaruhnya terhadap pendistribusianya dana BMT EL- Syifa Ciganjur Jagakarsa.
2.      Nurhasanah 2006 UIN Syarif Hidayatuallah Jakarta dengan judul skripsi “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah Dalam Menarik Minat Masyarakat Pada BPR Syariah Wakalumi Ciputan.”skripsi ini membahas tentang strategi pemasaran produk  tabungan Mudharabah yang di terapkan oleh BPR Syariah Wakalumi Ciputat.

2.1 KARANGKA TEORI
A. STRATEGI PEMASARAN
a.       Pengertian strategi
Strategi berasal dari bahasa yunani,stratega (stratus=militer,dan ag = memimpin) artinya ilmu atau seni untuk menjadi seorang jendral . konsep ini relevan dengan situasi jaman dahulu yang sering di  warnai  dengan insiden peperangan. Dalam hal itu seorang jendral di tuntut untuk memimpin peperangan dan memenaangkanya.
Prof .Onang Uchyana Efendy,MA mengatakan bahwa strategi hakekatnya merupakan sebuah perencanaan dan manajemen untuk mencapai sebuah tujuan atau target. Tetapi strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya memberi arah saja ,melainkan mampu menunjukan tegnik operasionalnya dalam mencapai target tersebut.
Strategi adalah program luas untuk menentukan danmencapai tujuan organisasi .(benyamin molan) strategi adalah metode atau rencana yang dipilih untuk membawa masa depan yang diinginkan, seperti pencapaian tujuan atau solusi untuk masalah. pengertian strategi adalah seni dan ilmu perencanaan dan memanfaat sumber daya untuk penggunaan yang paling efisien dan efektif.(Bussinesdictionary)

b.      Pengertian Pemasaran
Ada beberapa pengertian pemasaran oleh beberapa ahli di antaranya:
1.      Menurut William J.Staton pemasaran adalah suatu sistim keseliruhan darikegiatan – kegiatan bisnis yang di tujukan untuk merencanakan dan menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
2.      Menurut Philer Kotler Pemasaran adalah suatu proses dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yaang mereka butuhkan melalui penciptaan,penawarandan pertukaran produk.
c.       Pengertian Strategi Pemasaran
1.      Strategi pemasaran adalah pendekatan pokok yang digunakan oleh unit bisnis di dalam mencapai sasaran yang di dalamnya tercantum keputusan keputusan mengenai target pasar, penempatan produk ,bauran pemasaran,serta tingkat biaya yang di butuhkan.(sumarjan 2008)
2.      Strategi pemasaran adalah suatu rencana yang di desain untuk mempengaruhi pertukaran dalam mencapai tujuan organisasi dan juga sebagai alat yang di rencanakan untukmencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang di masuki dan program pemasaan yang di gunakan untuk mencapai pasar sasaran tersebut (Tull.khale 1990)
Adapun tujuan dari strategi pemasaran diantaranya sebagai berikut;
1.      Menetapkan arah dan tujuan dari kegiatan yang dijalankan oleh sebuah perusahaan.
2.      Sebagai sarana untuk mengantisipasi berbagai permasalahan dan keadaan yang berubah di masa mendatang.
3.      Membantu perusahaan dalam hal peningkatan kegiatan usaha yang akan memberikan kemudahan dalam mengontrol dan mengawasi kegiatan pemasaran dari sebuah perusahaan.
D.    Faktor – faktor yang mempengaruhi pembelian
1.      Faktor Budaya
Budaya  merupakan penentu keingginan dan perilaku yag mendasar bagi setiap orang untuk melakukan pembelian.Masing masing budaya mempunyai sub budaya yang lebih keil yang memberikan lebih banyak ciri ciri dan sosialisasi khusus bagi angotanya. Sub budaya biasanya terdiri dari kebangsaan,agama,ras,dan daerah geografis banyak sub budaya yang  membentuk segmentasi segmentasi pasar penting dan pemasaran sering merancang produk dann program pemasara.yang di sesuakan dengan kebutuhan mereka.(kotler)
2.      Faktor Sosial
Selain faktor  budaya perilaku konsumen jugadi pengaruhi oleh faktor faktor sosial seperti kelompok acuan ,keluaga,serta peran dan setatus sosial.
a.       Kelompok acuan seseorang terdiri dari semua kelompok yang memiliki pengaruh langsung (tatap muka) atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku seseorang .
b.      Keluarga
Keluarga merupakan organisasi pemelian konsumsi yang paling penting dalam masyarakat dan ia telah menjadi obyak penelitian yang luas anggota keluarga merupakan kelompok prmer yang paling  berpengaruh.

E.     Konsep pasar tentang persaingan
Konsep pasar selain melalui pendekatan industri kita dapat juga mengidentifikasi pesaing pesaing dengan  menggunakan pendekatn pasar . Para pesaing adalah perusahaan yang mempunyai tujuan tujuan untuk memuaskan pelanggan yang sama.Sekelompok  perusahaan yang menerapkan strategi yang sama atas pasar sasaran  tertentu di namakan kelompok Strategis .
Setelah perusahaan mengidentifikasi pesaing utamanya dan strategi strategi mereka ia harus  menanyakan . Apa yang di cari pesaing pesaing dalam pasar ?.Apayang mendorong  tiap tiap perilaku pesaing ? suatu asumsi utama perusahaan melakukan hal tersebut tidak  lain adalah untuk mencari laba.Ada beberapa posisi dalam pasar menurut D .Littler
1.      Dominam : Perusahaan ini mengontrol perilaku pesaing lain  dan mempunyai pilihan yang luas atas pilihan pilihan strategis.
2.      Kuat : Perusahaan ini dapat mengmbil tindakan independen tanpa membehayakan posisi jangka panjangnya tanpa memperhatikan tindakan tindakan pesaing.
3.      Unggul : Perusahaan ini mempunyai kekuatan yang dapat di manfaatkan dan peluang yang di atas rata rata untuk memperbaiki posisinya.
4.      Dapat dipertahankan : Perusahaan ini kinerja pada satu lefel kepuasan yang memadai untuk menjamin kesinambungan bisnis tapi  keberadaanya perusahaan itu di biarkan saja oleh perusahaan yang dominan dan di memiliki peluang di bawah rata rata untuk memperbaiki posisinya.
5.      Lemah : Perusahaan ini memiliki kinerja yang tidak memuaskan tetapi ada peluang perbaikan . Perusahaan harus berubah atau keluar
6.      Tidak Dapat di Pertahankan :Perusahaan ini tidak memiliki kinerja yang memuaskan dan tidak ada peluang untuk perbaikan.


F.      Produk produk yang di tawarkan oleh BMT TARUNA SEJAHTERA
1.      Simpanan Amanah
Simpanan amanah adalah simpanan anggota yang dapat melakukan penyetoran dan penarikan sewaktu waktu pada jam kerja BMT sesuai kebutuhan anggota yang dikelola halal secara syariah. Dana tersebut di peruntukan untuk membiyayai macam usaha produktif dan konsumtif yang bermanfaat untuk kepentingan umat.
2.      Simpanan Berkah
Adalah simpanan berjangka anggota merupakan investasi dengan waktu 1,2,3,6,12 bulan. Di peruntukan bagi anggota BMT yang inggin berinvestasi sacara halal  dan sesuai syariah.
3.      Pembiayaan Manfaat
Adalah fasilitas pembiayaan guna memenuhi kebutuhan modal anggota untuk usaha produktif maupun konsumtif yang di kelola secara halal sesuai syariah dengan akad Murobahah dan kordul hasan.
Hipotesis dalam bentuk gambar
Strategi Pemasaran
                                                 H4


 

               H1
                                                                                             H3

Kinerja Perusahaan
Lingkungan pemasaran
 


                                                  H2

Kerangka penelitian
Sumber Soegoto (2008)
2.3  Hipotesis

1.      H1 lingkungan pemasaran berpengaruh signifikan tehadap kinerja perusahaan
2.      H2 Lingkungan pemasaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan
3.      H3 Strategi pemasaran berpengaruh signifikann terhadap kinerja perusahaan.
4.      Lingkungan pemasaran berpengaruh terhadap kinerja perusahaan strategi pemasaran sebagai variabel Intervening.


BAB III
METODELOGI PENELITIAN

4.1    Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
A.    Penelitian pustaka (Library research) dalam penelitian ini penulis mengolah data tertulis yang berhubungan dengan topik permaslahan penelitian baik dalam buku ,makalah ,internet brouser  dan lain lain.
B.     Penelitian lapangan (field research) penulis mendapatkan data data apngan secara langsung dari obyek penelitian.
C.     Basic Research penulis bertujuan memecahkan masalah yang bersifat teoritis konseptual ,cendrungtidak berpengaruh langsung terhadap penentuankebijakan dan  tindakan.

4.2    Lokasi dan waktu penelitian
a.       Lokasi penelitian yang penulis ambil adalah di PT BMT TARUNA SEJAHTERA cabang sumowono yang beralamat di jalan Sokorini no 37 RT03/01 sumowono.
b.      Waktu penelitian
bulan mei - juni 2015

4.3    Populasi dan Sampel
a.       Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari obyak dan subyek yang mempunyai jumlah dan karakteristik  tertentu yang di tetapkan oleh peneliti untuk mempelajari dan kemudian di tarik kesimpulan. Populasi juga bisa di artikan kumpulan dari berbegai individu yang menetap di dalam obyek penelitian. Dalam hal ini yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kariyawan yang bekerja di PT BMT TARUNA SEJAHTERA cabang sumowono.
b.      Sampel adalah individu yang mewakili populasi dalam sebuah penelitian. Dalam hal yang menjadi sampel dalampenelitian ini adalah 75% sekitar 15 0rang dari seluruh kariyawan di PT BMT TARUNA SEJAHTERA yaitu 20 orang .
                         
4.4    Teknik pengumpulan data
Teknik pengumpulan data yang penulis buat yaitu dengan cara observasi ,wawancara,dan study kepustakaan.
a.       Penelitian lapangan (field Research) yakni penulis mengumpulakn data secara langsung ke tempat objek penelitian . teknik pengumpulan data  melelui denagn dua cara yaitu:
Observasi  dengan melihat  dan mengumpulkan data dengan melihat yang di lakukan oleh PT BMT TARUNA SEJAHTERA melalui kariyawanya dan melihat Browsur yang diberikan oleh PT BMT TARUNA SEJAHTERA.
Wawancara secara langsung dengan pihak yang berkompeten dalam penelitian khususnya data yang dibutuhkan dalam kegiatan pemasaran.
b.      Penelitian kepustakaan yaitu penulis mengadakan penelitian terhadapa literatur literatur yang berkaitan dengan strategi pemasaran melewati,buku,makalah,artikel di internet browsur dan lain lain.
Sumber data penelitian
a.       Primer data yang di dapat langsung dari PT BMT TARUNA SEJAHTERA cabang Sumowono
b.      Sekunder data yang di dapat dari hasil wawaancara langsung dari beberapa pertanyaan yang diajukan.

4.5    skala Pengukuran
skala merupakan pengukuran yang digunakandalam penelitianyang dibuat oleh seorang penulis.dalam penelitia ini skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah
skala Ordinal yang pada dasarnya adalah hasil dari kuantifikasi data kualitatif
No
kategori
Nilai
Jumlah responden
Total
1
Sangat setuju
5
4
20
2
Setuju
4
7
28
3
Netral
3
3
9
4
Tidak setuju
2
1
2
5
Sangat tidak setuju
1
0
0

4.6    Definisi konsep dan operasional
a.       Konsep adalah abstraksi dari realitas yang tersusun dengan mengklasifikasikan dengan fenomene fenomene contoh :obyek,kejadian,atriut ,proses yang memiliki kesamaan
Konstruk apstraksi kehidupan nyata yang di amati.
b.      Operasional
Operasional merupakan penjelasan definisi dari variabel yang telah di pilih oleh peneliti.logikanya definisi operasional boleh berbeda peneliti satu dengan yang lainya.
4.7    Instrumen penelitian
Instrumen merupakan langkah penting dalam pola prosedur penelitian.Insrumen berfungsi sebagai alat bantu untuk mengumpulkan data yang di butuhkan penulis dalam hal ini penulis mengunakan instrumen
a.       Interview yaitu penulis melekukan wawancara secara langsung dengan narasumber untuk mendapatkan data lapangan yang di perlukan.
b.      Observasi yaitu penulis melakukan pengamatan secara langsung terhadap obyek yang akan di teliti.

4.8    Uji instrumen Penelitian
Menurut Ghazali (2006:45) instrumen yang baik harus memenuhi dua data penting yaitu Valid dan Reliabel .uji validitas digunakan untuk mengukur sah dan tidaknya keosiner dan pertanyaan yang mempu mengungkapkan suatu yang akan diukur oleh peneliti dalam hal ini penulis .

a.       Uji validitas di gunakan untuk mengukur sah atau valid tidaknya suatu validitas yang di peroleh denganmembandingkan probabilitas nilai hitung apabila probabilitas <).0,05 maka alat ukur tersebut dikatakan valid.
b.      Uji reabilitas
Menurut Ghazali (2006:45) Reabilitas adalah alat untuk mengukur suatu indikator keosiner yang merupakan indikator konstruk. Nilai keofisienya realibilitas berkisar antara 0 sampai 1. Apabila nilai keofisien terseut mendekati satu makainstrumen semakin Realibel. Ukuran yang digunakan menunjukan pertanyaan tersebut realibel apabila nilai dari Cronbach alpha di atas 0,6.
4.9    Alat analisis
Alat analisis merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memecahkan permasalahan yang akan diteliti oleh penulis dalam penelitian ini alat yang di gunakan adalah keosioner dan daftar interview yang digunaan untuk wawancara untuk mencari data lapangan yang di butuhkan .
Metode Strategi yang di gunakan Untuk memasarkan produk BMT
a.       Jemput bola
Yaitu sebuah strategi dalam mencari nasabah dimana seorang marketing terjun langsung ke lapangan(rumah,pasar,warung dan lain lain) untuk melakukan dan melayani pinjaman dan tabungan .
b.      Promosi lewat iklan dengan menggandeng artis**** dalam hal ini untuk memperkenalkan BMT kepada khalayak umum. Dan memberikan undian hadiah setiap 6 bulan sekali.

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

sejarah sosial hukumislamkontemporer

produk investasi syariah