Makalah Pemasaran BMT
Nama Aris Prasetiyanto
Nim 213-24-243
Kelas D
PENGARUH
LINGKUNGAN PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN PRODUK PT BMT TARUNA SEJAHTERA MELALUI
STRATEGI PEMASARAN
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG
Seiring
perkembangan jaman yang semakin maju dan pertumbuhan ekonomi yang semakin pesat
banyak persaingan persaingan pasar yang terjadi dalam dunia bisnis ekonomi pada
saat ini . hai ini menjadikan sebuah
tuntutan yang lebih besar lagi dalam memasarkan
sebuah produk maupun jasa kepada masyarakat. Pemasaran atau marketing
merupakan sebuah ujung tombak dari sebuah badan usaha atau perusahaan dalam
memasarkan produk atau jasanya kepada masyarakat(Robert J.Eaton,) hal ini peran
seorang marketing menjadi tidak mudah
lagi dalam menjalankan pekerjaanya .
Untuk
itu seorang marketing harus pandai
pandai membaca kondisi lapangan yang sedang terjadi . oleh karena itu bekel
pengalaman ,keterampian dan pendidikan sangat penting untuk sebuah pemasaran
produk dan jasa perusahaan . Melihat kondisi perekonomian di lapangan saat ini akan sulit sebuah badan
usaha bisa eksis bertahan lama tanpa sebuah strategi pemesaran yang baik yang
di berikan kepada karyawan karyawanya khususnya marketing. Pelatihan dan diklat
kerja juga harus sering di lakukan untuk menambah wawasan dan mengasah
keterampilan seorang marketing agar kinerjanya menjadi lebih maju dan berbobot.
Setrategi
pemasaran yang baik dan berkualitas menjadi faktor penting dalam permasalahan
permasalahan seorang marketing yang akan berdampak pula dengan pertumbuhan
perusahaan.Dalam sebuah pemasaran produk tidak jauh berbeda akan kesuksesanya
perusahaan juga sangat tergantung pada kualitas kariyawan atau SDM yang di
miliki .Apabila dalam jasa ,terjadi kontrak antara SDM dengan pelangganya
secara langsung. Perusahaan juga mengantisipasi segala kemungkinan terjadi
permasalahan dalam pengolahan ketrampilan dan seleksi awal hingga proses
manajemem pemasaran yang lebih komplek (Ririn Tri Ratnasari.Mastuti H Aksa)
Tingkat
perhatian dan penekenan pada peran seorang marketing adalah sangat penting apabila pada era globalisasi saat ini
dimana tidakakan ada batas mobilitas sumber daya manusia peran penting ini
dalam perusahaan di bedakan untuk pengelolaanya lebih lanjut (Payne1983).
Pertumbuhan di indonesia di perkirakan masih akkan tumbuh baik . beberapa
ekonom memperkirakan ekonomidi indonesia bisa tumbuh antara 6% - 6,3% sedikit
lebih rendah dibandingkan dengan tahun
2011 yang mencapai 6.6% sebagai dampak perlambatan ekonomi global
.namaum pertumbuhan ekonomi sebesar ini masih sangat baik antara negara negara
lain di dunia yang jumlah penduduknya lebih rendahdi bandingkan dengan
indonesiakarena pertumbuhan ekonomi suatu negara di dukung oleh jumlah negara
tersebut ( Hendri 2012)
Dunia
perbangkan merupakan suatu intitusi yang sangat berperan penting untuk mengangkat sebuah perekonomian suatu negara
(Khususnya di bidang pembiayaan ) bisnis micro maupun macro .hal ini di
dasarkan dari fungsi utama dari sebuah bank yaitu sebagai perantara untuk
menjembatani seseoarang tang kelebihan dana dengan orang yang kekurangan dana .
Selain itu bank juga berperan sebagai agan perubahan ( agent of development)
yang dapat mendorong kemajuan pembangunan suatu negara melalui fasilitas
Pembiayaan sehingga memudahkan masyarakat penguna Bank dalam melakukan
pembayaranya.
Dinamika
kompetisi perbankan saat iniyang semakin kuat mengakibatkan suatu keuntungan
kompetetif yang di miliki oleh bank menjadi semakin tidak berkelanjutan. Dengan
demikian sebuah lembaga perbankan harus selalu melakukan pembaharuan dalam
melakukan kompetisi di lapangan seperti cara promosinya dan cara kinerjanya
harus selalu up to dete dengan kondisi lapangan yang ada .Sehingga dapat
menjadi referensi utama pelanggan yang berujung dengan kepuasan pelayanan yang
berujung terhadap loyalitas terhadap jasa yang di pakai. Seiring dengan
berkembangnya suatu bisnis yang membuat pesaing pesaing ketat banyak perusahaan
perusahaan berlomba lomba meningkatkan Fasilitas,pelayanan ,sarana prasarana
dan manfaat lain yang berguna untuk memenuhi kebutuhan dan keingginan
pelanggan.haiyang demikian ini juga terjadi di perbankan syariah . Perbankan syariah atau perbankan islam adalah suatu sistim perbankan yang di kembangkan
berdasarkan syariah hukum islam .usaha yang menjadi dasar pembentukan perbankan
syariah ini adalah larangan dalam agama
islam untuk meminjam dengan bunga atau riba serta melarang investasi
yang di gunakan untuk usaha usaha yang sifatnya haram yang demikian ini tidak
di jamin oleh bank bank kionvensiona .
Bank syariah menerapkan bagi hasil baik tabungan maupun pembiayaan
(saefudin,2011)
Perekonomian
nasional sangat berpegaruh terhadap kesetabilan politik baik di dalam maupun di
luar negeri apalagi sekrang ini konflik di timur tengah sedikit demi sedikit
secara tidak langsung juga akan berakibat dengan perekonomian di indonesia .
Bank syariah menjadi solusi bagi warga
untuk untuk mengembangkan bisnis usahanya di pasar global sekarang ini . Adanya
sistim syariah dengan karakteristik beroperasi dengan prinsip bagi hasil memberikan
alternatif baru bagi sistim perbankan yang persainganya semakin kuat di samping
itu pengembangan perbankan syariah merupakan refleksi kebutuhan atas sistim perbankan
nasional yang memberikan kontribusi setabilitas ekonomi nasional (muchamad dan
racman 2010). Sebagai perbankan yang tidak menganut sistim bunga mengakibatkan
perbankan syariah tidak menunjukan pergerakan yang negatif. Bank syariah tidak
memiliki kewajiban membayar bunga tabungan terhadap nasabah. Bank syariah hanya
membayar bagi hasil kepada nasabahnya sesuai dengan keuntungan yang di peroleh dari hasil investasi yang dilakukan.
Bank konvensional yang membuka cabang syariah atau melakukan konveksi total ke
sistim syariah beberapa tahun belakangna ini trus menigkat .
Ririn
T.R dan Mastuti 2011 mengemukakan bahwa promosi lewat iklan merupakan sebuah
strategi pemasarn yang efektif dan cukup signifikan karena promosi merupakan
salah satu alat komunikasi yang yang cukup baik antara perusahaan dengan
pelanggan untuk memperkenalkan produk yang di tawarkan agar cepat di ketahui
oleh masyarakat luas.
Lopiyoadi 2009 Promosi tidak selamanya
strategi pemasaran yang efektif di
karenakan promosi lewat iklan tidak dapat memberikan penjelasan secara detail
akan kelebihan dan kekurangan produk
yang di tawarkan . Promosi yang efektif yaitu dengan cara berkunjung dan
bertemu langsung ke masyarakat sehingga kita bisa menjelaskan secara langsung
kelebihan produk yang di tawarkan.
Temuan Research Gap
Gap
|
Penulis
|
Temuan
|
Research Gap :
Terdapat perbedaan hasil penelitian pengaruh
lingkungan terhadap penjualan
|
||
Pengaruh lingkungan terhadap penjualan
|
Ririn T.R dan Mastuti
|
Lingkungan berpengaruh signifikan terhadap penjualan produk
|
Lopiyoadi 2009
|
Lingkungan berpengaruh tidak signifikan terhadap
penjualan produk
|
|
Rahman 2000
|
Lingkungan berpengaruh signifikan terhadap
penjualan produk
|
I.2 Perumusan masalah
Dari latar belakang dan masalah yang ada
di atas secara garis besar maka dapat di rumuskan permasalahanpermasalahan sebagai
berikut.
1. faktor
apa sajakah yang menjadi pengaruh pemasaran produk PT BMT Taruna Sejahtera
2. Apa
sajakah yang menjadi kekuatan ,kelemahan, peluang dan ancaman dari PT BMT
Taruna Sejahtera
3. Strategi
pemasaran yang bagaimanakah yang dapa mendongkrak pemasaran produk BMT Taruna
Sejahtera.
I.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan perumusan masalah yang telah
di rumuskan di atas maka dapat diketahui tujuan penelitian ini sebagai berikut:
1. Mengindentifikasi
faktor-faktor internal dan exsternal yang mempengaruhi produk tabungan bank
syariah .
2. Mencari
tahu pengetahuan pemahaman masyarakat
tentang produk bank syariah.
3. Menganalisa
kekuatan ,kelemahan dan ancaman pada pemasaran produk tabungan bank syariah
4. Mencari
alternatif pemasaran yang dapat di
terapkan di bank syariah.
5. Mencari
potensi potensi pasar yang dapat di jalankan guna meningkatkan pemasaran
produk.
1.4 Kegunaan Penelitian
Hasil penelitian ini di harapkan dapat
di gunakan sebagai:
1. Bahan
pertimbanga dalam mengambil sebuah
keputusan mengenai strategi pemasaran
2. Bahan
informasi dan acuan bagi peneliti dan pihak pihak uang berkepentingan
3. Referensi
baru bagi para pembaca
4. Menambah
wawasan tentang duni bisnis khususnua marketing.
5. Masukan
alternatif baru bagi strategi pemasaran yang baru.
1.5 Sistimatika
Penulisan
Penulis
membagi penulisan skripsi ini menjadi ke
dalam 5 (lima) bab yand terdiri atas beberapa sub bab secara sistematis adalah
sebagai berikut:
BAB
I PENDAHULUAN,
Bab
ini terdiri atas latar belakang penulis
mengangkat tema yang akan dibahas dalam skripsi, perumusan masalah ,tujuan
penelitian kegunaan penelitian ,sistemetika penulisan .
BAB
II KAJIAN PUSTAKA
Bab ini terdiri atas telah
pustaka,kerangka teori,kerangka penelitian dan
hipotesis.
BAB
III METODELOGI PENELITIAN
Bab
ini terdiri atas
1. jenis penelitian
2. Lokasi
dan waktu penelitian
3. Populasi
dan sampel
4. Tegnik
pengumpulan data
5. Skala
pengukuran
6. Definisi
konsep dan operasional
7. Instrumen
penelitian
8. Uji
instrumen penelitian
9. Alat
analisis.
BAB
II
KAJIAN
PUSTAKA
2.I TELAH PUSTAKA
Setelah
penulis membuka daftar skripsi tahun sebelumnya maka dapat di simpulkan bahwa
ada skripsi terdahulu yang membahas tentang strategi pemasaran diantaranya sebagai berikut:
1. Siti
arfah 2006. UIN Syarif Hidayatuallah jakarta fakultas Syariah dan hukum .Dengan
judul “Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan dan Pengaruh Terhadap
Pendistribusian Dana BMT EL Syifa Ciganjur Jagakarsa”.skripsi ini membahas
tentang strategi pemasaran produk pembiayaan murobahah dan pengaruhnya terhadap
pendistribusianya dana BMT EL- Syifa Ciganjur Jagakarsa.
2. Nurhasanah
2006 UIN Syarif Hidayatuallah Jakarta dengan judul skripsi “Strategi Pemasaran
Produk Tabungan Mudharabah Dalam Menarik Minat Masyarakat Pada BPR Syariah
Wakalumi Ciputan.”skripsi ini membahas tentang strategi pemasaran produk tabungan Mudharabah yang di terapkan oleh BPR
Syariah Wakalumi Ciputat.
2.1 KARANGKA TEORI
A.
STRATEGI PEMASARAN
a. Pengertian
strategi
Strategi berasal dari
bahasa yunani,stratega
(stratus=militer,dan ag = memimpin) artinya ilmu atau seni untuk menjadi
seorang jendral . konsep ini relevan dengan situasi jaman dahulu yang sering
di warnai dengan insiden peperangan. Dalam hal itu
seorang jendral di tuntut untuk memimpin peperangan dan memenaangkanya.
Prof
.Onang Uchyana Efendy,MA mengatakan bahwa strategi hakekatnya merupakan sebuah
perencanaan dan manajemen untuk mencapai sebuah tujuan atau target. Tetapi
strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya memberi arah saja
,melainkan mampu menunjukan tegnik operasionalnya dalam mencapai target
tersebut.
Strategi
adalah program luas untuk menentukan danmencapai tujuan organisasi .(benyamin
molan) strategi adalah metode atau rencana yang dipilih untuk membawa masa
depan yang diinginkan, seperti pencapaian tujuan atau solusi untuk masalah.
pengertian strategi adalah seni dan ilmu perencanaan dan memanfaat sumber daya
untuk penggunaan yang paling efisien dan efektif.(Bussinesdictionary)
b. Pengertian
Pemasaran
Ada beberapa pengertian
pemasaran oleh beberapa ahli di antaranya:
1. Menurut
William J.Staton pemasaran adalah suatu sistim keseliruhan darikegiatan –
kegiatan bisnis yang di tujukan untuk merencanakan dan menentukan harga,
promosi dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik
kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
2. Menurut
Philer Kotler Pemasaran adalah suatu proses dan manajerial yang di dalamnya
individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yaang mereka butuhkan melalui
penciptaan,penawarandan pertukaran produk.
c. Pengertian
Strategi Pemasaran
1. Strategi
pemasaran adalah pendekatan pokok yang digunakan oleh unit bisnis di dalam
mencapai sasaran yang di dalamnya tercantum keputusan keputusan mengenai target
pasar, penempatan produk ,bauran pemasaran,serta tingkat biaya yang di butuhkan.(sumarjan
2008)
2. Strategi
pemasaran adalah suatu rencana yang di desain untuk mempengaruhi pertukaran
dalam mencapai tujuan organisasi dan juga sebagai alat yang di rencanakan
untukmencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang
berkesinambungan melalui pasar yang di masuki dan program pemasaan yang di
gunakan untuk mencapai pasar sasaran tersebut (Tull.khale 1990)
Adapun tujuan dari
strategi pemasaran diantaranya sebagai berikut;
1. Menetapkan
arah dan tujuan dari kegiatan yang dijalankan oleh sebuah perusahaan.
2. Sebagai
sarana untuk mengantisipasi berbagai permasalahan dan keadaan yang berubah di
masa mendatang.
3. Membantu
perusahaan dalam hal peningkatan kegiatan usaha yang akan memberikan kemudahan
dalam mengontrol dan mengawasi kegiatan pemasaran dari sebuah perusahaan.
D. Faktor
– faktor yang mempengaruhi pembelian
1. Faktor
Budaya
Budaya merupakan penentu keingginan dan perilaku yag
mendasar bagi setiap orang untuk melakukan pembelian.Masing masing budaya
mempunyai sub budaya yang lebih keil yang memberikan lebih banyak ciri ciri dan
sosialisasi khusus bagi angotanya. Sub budaya biasanya terdiri dari
kebangsaan,agama,ras,dan daerah geografis banyak sub budaya yang membentuk segmentasi segmentasi pasar penting
dan pemasaran sering merancang produk dann program pemasara.yang di sesuakan
dengan kebutuhan mereka.(kotler)
2. Faktor
Sosial
Selain faktor budaya perilaku konsumen jugadi pengaruhi
oleh faktor faktor sosial seperti kelompok acuan ,keluaga,serta peran dan
setatus sosial.
a. Kelompok
acuan seseorang terdiri dari semua kelompok yang memiliki pengaruh langsung
(tatap muka) atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku seseorang .
b. Keluarga
Keluarga merupakan
organisasi pemelian konsumsi yang paling penting dalam masyarakat dan ia telah
menjadi obyak penelitian yang luas anggota keluarga merupakan kelompok prmer
yang paling berpengaruh.
E. Konsep
pasar tentang persaingan
Konsep pasar selain
melalui pendekatan industri kita dapat juga mengidentifikasi pesaing pesaing
dengan menggunakan pendekatn pasar .
Para pesaing adalah perusahaan yang mempunyai tujuan tujuan untuk memuaskan
pelanggan yang sama.Sekelompok
perusahaan yang menerapkan strategi yang sama atas pasar sasaran tertentu di namakan kelompok Strategis .
Setelah perusahaan
mengidentifikasi pesaing utamanya dan strategi strategi mereka ia harus menanyakan . Apa yang di cari pesaing pesaing
dalam pasar ?.Apayang mendorong tiap tiap
perilaku pesaing ? suatu asumsi utama perusahaan melakukan hal tersebut
tidak lain adalah untuk mencari laba.Ada
beberapa posisi dalam pasar menurut D .Littler
1. Dominam
: Perusahaan ini mengontrol perilaku pesaing lain dan mempunyai pilihan yang luas atas pilihan
pilihan strategis.
2. Kuat
: Perusahaan ini dapat mengmbil tindakan independen tanpa membehayakan posisi
jangka panjangnya tanpa memperhatikan tindakan tindakan pesaing.
3. Unggul
: Perusahaan ini mempunyai kekuatan yang dapat di manfaatkan dan peluang yang
di atas rata rata untuk memperbaiki posisinya.
4. Dapat
dipertahankan : Perusahaan ini kinerja pada satu lefel kepuasan yang memadai
untuk menjamin kesinambungan bisnis tapi
keberadaanya perusahaan itu di biarkan saja oleh perusahaan yang dominan
dan di memiliki peluang di bawah rata rata untuk memperbaiki posisinya.
5. Lemah
: Perusahaan ini memiliki kinerja yang tidak memuaskan tetapi ada peluang
perbaikan . Perusahaan harus berubah atau keluar
6. Tidak
Dapat di Pertahankan :Perusahaan ini tidak memiliki kinerja yang memuaskan dan
tidak ada peluang untuk perbaikan.
F. Produk
produk yang di tawarkan oleh BMT TARUNA SEJAHTERA
1. Simpanan
Amanah
Simpanan amanah adalah
simpanan anggota yang dapat melakukan penyetoran dan penarikan sewaktu waktu
pada jam kerja BMT sesuai kebutuhan anggota yang dikelola halal secara syariah.
Dana tersebut di peruntukan untuk membiyayai macam usaha produktif dan
konsumtif yang bermanfaat untuk kepentingan umat.
2. Simpanan
Berkah
Adalah simpanan
berjangka anggota merupakan investasi dengan waktu 1,2,3,6,12 bulan. Di
peruntukan bagi anggota BMT yang inggin berinvestasi sacara halal dan sesuai syariah.
3. Pembiayaan
Manfaat
Adalah fasilitas
pembiayaan guna memenuhi kebutuhan modal anggota untuk usaha produktif maupun
konsumtif yang di kelola secara halal sesuai syariah dengan akad Murobahah dan
kordul hasan.
Hipotesis dalam bentuk gambar
Strategi Pemasaran
|
H1
H3
Kinerja Perusahaan
|
Lingkungan pemasaran
|
H2
Kerangka
penelitian
Sumber Soegoto
(2008)
2.3 Hipotesis
1.
H1
lingkungan pemasaran berpengaruh signifikan tehadap kinerja perusahaan
2.
H2
Lingkungan pemasaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan
3.
H3
Strategi pemasaran berpengaruh signifikann terhadap kinerja perusahaan.
4.
Lingkungan
pemasaran berpengaruh terhadap kinerja perusahaan strategi pemasaran sebagai
variabel Intervening.
BAB III
METODELOGI PENELITIAN
4.1
Jenis
Penelitian
Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah
A.
Penelitian
pustaka (Library research) dalam penelitian ini penulis mengolah data tertulis
yang berhubungan dengan topik permaslahan penelitian baik dalam buku ,makalah
,internet brouser dan lain lain.
B.
Penelitian
lapangan (field research) penulis mendapatkan data data apngan secara langsung
dari obyek penelitian.
C.
Basic
Research penulis bertujuan memecahkan masalah yang bersifat teoritis konseptual
,cendrungtidak berpengaruh langsung terhadap penentuankebijakan dan tindakan.
4.2
Lokasi
dan waktu penelitian
a.
Lokasi
penelitian yang penulis ambil adalah di PT BMT TARUNA SEJAHTERA cabang sumowono
yang beralamat di jalan Sokorini no 37 RT03/01 sumowono.
b.
Waktu
penelitian
bulan mei - juni
2015
4.3
Populasi
dan Sampel
a.
Populasi
adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari obyak dan subyek yang mempunyai
jumlah dan karakteristik tertentu yang
di tetapkan oleh peneliti untuk mempelajari dan kemudian di tarik kesimpulan.
Populasi juga bisa di artikan kumpulan dari berbegai individu yang menetap di
dalam obyek penelitian. Dalam hal ini yang menjadi populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh kariyawan yang bekerja di PT BMT TARUNA SEJAHTERA cabang
sumowono.
b.
Sampel
adalah individu yang mewakili populasi dalam sebuah penelitian. Dalam hal yang
menjadi sampel dalampenelitian ini adalah 75% sekitar 15 0rang dari seluruh
kariyawan di PT BMT TARUNA SEJAHTERA yaitu 20 orang .
4.4
Teknik
pengumpulan data
Teknik pengumpulan
data yang penulis buat yaitu dengan cara observasi ,wawancara,dan study
kepustakaan.
a.
Penelitian
lapangan (field Research) yakni
penulis mengumpulakn data secara langsung ke tempat objek penelitian . teknik
pengumpulan data melelui denagn dua cara
yaitu:
Observasi dengan melihat dan mengumpulkan data dengan melihat yang di
lakukan oleh PT BMT TARUNA SEJAHTERA melalui kariyawanya dan melihat Browsur
yang diberikan oleh PT BMT TARUNA SEJAHTERA.
Wawancara
secara langsung dengan pihak yang berkompeten dalam penelitian khususnya data
yang dibutuhkan dalam kegiatan pemasaran.
b.
Penelitian
kepustakaan yaitu penulis mengadakan penelitian terhadapa literatur literatur
yang berkaitan dengan strategi pemasaran melewati,buku,makalah,artikel di
internet browsur dan lain lain.
Sumber data
penelitian
a.
Primer
data yang di dapat langsung dari PT BMT TARUNA SEJAHTERA cabang Sumowono
b.
Sekunder
data yang di dapat dari hasil wawaancara langsung dari beberapa pertanyaan yang
diajukan.
4.5
skala
Pengukuran
skala merupakan
pengukuran yang digunakandalam penelitianyang dibuat oleh seorang penulis.dalam
penelitia ini skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah
skala Ordinal yang
pada dasarnya adalah hasil dari kuantifikasi data kualitatif
No
|
kategori
|
Nilai
|
Jumlah responden
|
Total
|
1
|
Sangat setuju
|
5
|
4
|
20
|
2
|
Setuju
|
4
|
7
|
28
|
3
|
Netral
|
3
|
3
|
9
|
4
|
Tidak setuju
|
2
|
1
|
2
|
5
|
Sangat tidak
setuju
|
1
|
0
|
0
|
4.6
Definisi
konsep dan operasional
a.
Konsep
adalah abstraksi dari realitas yang tersusun dengan mengklasifikasikan dengan
fenomene fenomene contoh :obyek,kejadian,atriut ,proses yang memiliki kesamaan
Konstruk
apstraksi kehidupan nyata yang di amati.
b.
Operasional
Operasional
merupakan penjelasan definisi dari variabel yang telah di pilih oleh
peneliti.logikanya definisi operasional boleh berbeda peneliti satu dengan yang
lainya.
4.7
Instrumen
penelitian
Instrumen merupakan
langkah penting dalam pola prosedur penelitian.Insrumen berfungsi sebagai alat
bantu untuk mengumpulkan data yang di butuhkan penulis dalam hal ini penulis
mengunakan instrumen
a.
Interview
yaitu penulis melekukan wawancara secara langsung dengan narasumber untuk
mendapatkan data lapangan yang di perlukan.
b.
Observasi
yaitu penulis melakukan pengamatan secara langsung terhadap obyek yang akan di
teliti.
4.8
Uji
instrumen Penelitian
Menurut Ghazali
(2006:45) instrumen yang baik harus memenuhi dua data penting yaitu Valid dan
Reliabel .uji validitas digunakan untuk mengukur sah dan tidaknya keosiner dan
pertanyaan yang mempu mengungkapkan suatu yang akan diukur oleh peneliti dalam
hal ini penulis .
a.
Uji
validitas di gunakan untuk mengukur sah atau valid tidaknya suatu validitas
yang di peroleh denganmembandingkan probabilitas nilai hitung apabila
probabilitas <).0,05 maka alat ukur tersebut dikatakan valid.
b.
Uji
reabilitas
Menurut
Ghazali (2006:45) Reabilitas adalah alat untuk mengukur suatu indikator
keosiner yang merupakan indikator konstruk. Nilai keofisienya realibilitas
berkisar antara 0 sampai 1. Apabila nilai keofisien terseut mendekati satu
makainstrumen semakin Realibel. Ukuran yang digunakan menunjukan pertanyaan
tersebut realibel apabila nilai dari Cronbach alpha di atas 0,6.
4.9
Alat
analisis
Alat analisis
merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memecahkan permasalahan yang akan
diteliti oleh penulis dalam penelitian ini alat yang di gunakan adalah
keosioner dan daftar interview yang digunaan untuk wawancara untuk mencari data
lapangan yang di butuhkan .
Metode Strategi
yang di gunakan Untuk memasarkan produk BMT
a.
Jemput
bola
Yaitu sebuah
strategi dalam mencari nasabah dimana seorang marketing terjun langsung ke
lapangan(rumah,pasar,warung dan lain lain) untuk melakukan dan melayani
pinjaman dan tabungan .
b.
Promosi
lewat iklan dengan menggandeng artis**** dalam hal ini untuk memperkenalkan BMT
kepada khalayak umum. Dan memberikan undian hadiah setiap 6 bulan sekali.
Komentar
Posting Komentar